Lima Cara Atasi Mata Lelah Akibat Komputer Untuk Pekerja

Berbagai Jenis Sayuran Bergizi untuk Diet Sehari-hari
October 4, 2017
Rutinitas Ranjang Ini Bisa Padamkan Gairah Seks
October 20, 2017

Di era teknologi seperti sekarang ini, penggunaan komputer untuk bekerja menjadi hal yang umum ada di perkantoran apalagi jika kamu bekerja sama seorang agent call center yang selama 8-9 jam terus menerus melihat layar komputer. Dengan penggunaan komputer untuk bekerja itulah keluhan seperti mata lelah, tegang atau kaku sudah menjadi sesuatu yang biasa juga. Diambil dari liputan6, hasil riset menunjukkan bahwa mata tegang dan gangguan penglihatan lainnya dialami oleh 50-90 pekerja yang menggunakan komputer. Sebenarnya ada cara atasi mata lelah akibat komputer jika kita tahu.

Berikut ini adalah lima cara atasi mata lelah akibat komputer yang dilansir dari All About Vision:

1. Cek mata secara menyeluruh

Lakukan pengecekan atau pemeriksaan mata kamu secara rutin. Langkah yang satu ini sangat penting kamu lakukan untuk mencegah atau mengatasi CVS.

Menurut data National Institute of Occupational Safety and Health, seharusnya pekerja yang menggunakan komputer melakukan pengecekan mata sebelum mereka mulai menggunakan komputer dan satu tahun setelahnya. Pastikan juga kamu menyampaikan informasi yang akurat kepada dokter tentang seberapa sering kamu menggunakan komputer di rumah dan kantor. Ukur jarak matamu dari layar komputer ketika duduk dan bawa ukuran ini kepada dokter saat melakukan cek mata.

2. Pastikan menggunakan cahaya yang cukup

Mata yang tegang juga bisa disebabkan oleh terangnya cahaya sinar matahari yang masuk dari jendela ataupun lampu ruangan yang terlalu terang. Jika kamu menggunakan komputer, pastikan cahaya yang ada sebaiknya 50 persen lebih gelap dibandingkan kebanyakan cahaya kantor.

Kamu bisa mengurangi cahaya yang datang dari luar dengan cara menutup gorden. Kurangi juga cahaya lampu dengan cara gunakan gunakan bola lampu lebih sedikit. Bahkan sebaiknya, jika memungkinkan, posisi jendela sebaiknya ada di sampingmu, bukan di depan atau belakang.

3. Kedipkan mata lebih sering

Kurang berkedip juga bisa menjadi salah satu penyebab mata kamu lelah. Padahal dengan berkedip, matamu akan lebih lembab dan bisa mencegah mata kering atau iritasi. Oleh karena itu, berkedip sangat penting jika kamu bekerja di depan komputer.

4. Sering melatih mata

Terlalu fokus juga salah satu penyebab mata tegang. Untuk menguranginya, alihkan pandanganmu dari layar setidaknya selama 20 menit. Kamu juga bisa mencoba untuk melihat ke suatu objek yang berada kurang lebih jaraknya 6 meter dari posisimu selama 20 detik. Cara latihan yang lain adalah dengan melihat objek jauh selama sekitar 10-15 detik, lalu lihat sesuatu yang lebih dekat denganmu. Lalu kembali melihat objek yang jauh. Lakukan ini secara berulang sampai sekitar 10 kali.

5. Lebih sering rehat

Mungkin kamu atau atasanmu akan berpikir rehat lebih sering dapat mengurangi produktivitas. Padahal kenyataannya tidak begitu. Dengan rehat, kamu akan bekerja lebih produktiv. Cobalah ambil rehat lebih sering ketika bekerja di depan komputer untuk mengurangi risiko CVS dan nyeri pada leher, punggung, dan bahu. Kebanyakan orang, hanya mengambil rehat sebanyak dua kali selama 15 menit sepanjang seharian mereka bekerja.

Cobalah merehatkan tubuh dengan berdiri, bergerak, renggangkan tangan, kaki, leher dan bahu untuk mengurangi ketegangan tubuhmu.

Itu tadi beberapa cara atasi mata lelah akibat komputer. Jika perlu, ambilah liburan pendek atau short escape. Tidak perlu jauh ke luar kota. Kamu bisa saja mengambil suasana baru seperti mencoba menginap di hotel atau apartemen di Jakarta. Dengan begitu, badan jadi lebih sehat dan pikiranmu dapat inspirasi lebih segar ketika kembali bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *